Bukit Pasir Indah Pesisir Parangtritis


INDONESIA cukup berbangga memiliki gumuk pasir yang ada di kawasan Parangtritis, Kretek, Bantul. Pasalnya, fenomena butiran-butiran pasir yang membentuk bukit-bukit kecil ini hanya satu-satunya di Asia Tenggara. Pesona gumuk pasir memang suda ada sejak puluhan tahun silam, namun belum banyak yang tahu keberadaan gundukan pasir indah ini.

Lokasi gumuk pasir nan indah ini berjarak sekitar 25 kilometer selatan pusat Kota Yogyakarta, atau jika ditempuh dengan perjalanan darat akan membutuhkan waktu kurang lebih 45 menit. Letak gumuk pasir tak jauh dari Pantai Parangkusumu, sebuah pantai yang sangat dikeramatkan masyaratak Jawa.

Gumuk pasir terbentuk oleh proses alam dalam waktu ratusan tahun lalu. Ketika terjadi letusan gunung berapi material terbawa arus sungai hingga hilir. Dalam proses itu terjadi penghalusan material hingga mengendap ke pantai selanjutnya terbawa angin dan terbentuklah gumuk pasir.

Khusus gumuk pasir di Parangtritis banyak faktor pembentukannya, salah satunya adanya perbukitan karst di sisi timur pantai. “Di Pulau Jawa ada puluhan pantai, namun hanya Parangtritis yang bisa terbentuk gumuk,” jelas Staf Museum Geospasial Parangtritis, Aulia Annisa.

Gumuk pasir di kawasan Parangtritis awalnya sekitar 70 hektare, sayangnya saat ini tinggal menyisakan sekitar 30 persen. Karena keserakahan manusia, gumuk-gumuk indah itu telah dimanfaatkan masyarakat sekitar untuk lahan pertanian meyisakan sedikit saja pemendangan indahnya gumuk. (Sukro Riyadi)

Posted on July 24, 2012, in wisata. Bookmark the permalink. Leave a comment.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: