Perawatan Motor Matic Mio J

Yamaha-Mio-J.jpg

Mio j

Setelah sekian lama tidak berkutat di dunia wordpress. kini kembali dengan semangat yang baru. meskipun benda mati namun motor juga perlu kita rawat agar kinerjanya semakin bagus.Nah sekarang saya di sini mau membahas tentang perawatan motor matic, khususnya mio j.

Saya akan share pengalaman saya saat mengganti oli mesin dan oli gardan motor yamaha mio j, setelah service gratis 12 bulan habis, anda harus tetap rutin mengganti oli mesin dan oli gardan.

yamalube oli gardan & mesin.PNG

Oli merk yamalube

 

Penggantian oli tersebut fungsinya untuk menjaga part2x jeroan mesin agar tetap pada kondisi prima, sama halnya dengan oli gardan agar gear box pada motor anda tetap pada kondisi yang bagus. Penggantian oli mesin biasanya dilakukan setiap 2000 – 2500 KM .

Harga oli mesin sekitar 33 ribu. Baiknya anda gunakan oli pabrikan dari yamaha.jika tidak ada yang gunakan oli merk lain yang sekiranya memiliki spesifikasi sama.

Mengganti Oli Mesin Mio J

Alat yang di sediakan :

Ember untuk tempat oli bekas,Oli mesin merk yamalube,obeng untuk membuka penutup oli bagian atas,kunci ring 12 mm atau kunci shock,dan kain lab,

 

Prosedur Pengerjaan :

  1. Panaskan mesin sekitar 10 menit.
  2. Dongkrak tengah mio j anda.
  3. Siapkan ember penampungan oli bekas.
  4. Taruh ember bekas di bawah lubang pembuangan oli.
  5. Buka lubang pembuangan oli menggunakan kunci shock / ring ukuran 12mm (letaknya di dekat dongkrak tengah).
  6. Biarkan oli keluar sekitar 10 Menit.
  7. Slas/stater kaki 4-5 kali atau gunakan angin dari kompresor  untuk meniriskan sisa oli.
  8. Buka tutup oli di sebelah atas dekat knalpot
  9. Siapkan oli baru
  10. Tutup kembali baut pembuangan oli, kencangkan.
  11. Isikan oli baru dari atas.
  12. Tutup kembali lubang oli.

Mengganti Oli gardan :

Oli gardan atau yang sering di sebut oli transmisi atau oli gear box. penggantian oli gardan ini,Usahakan maksimal 6 bulan sekali ganti oli gardan atau 5 ribu km saja, meskipun maksimal penggantian setiap 10ribu km. jika nunggu 10ribu km terlalu lama kasihan motornya dan mengurangi efek/resiko rusak, oli gardan murah cuma 13ribuan.

Takaran oli gardan ini, tiap motor berbeda yaa. Untuk Mio j sendiri takaran yang di anjurkan 140 ml. Jangan Mengisi oli gardan berlebihan. Karena kelebihan oli maka oli gardan jadi luber lari ke bagian cvt lewat lubang hawa yang menuju ke ruang cvt alhasil oli melumasi semua bagian part2 cvt. kinerja motor pun tidak akan maksimal. coba bayangkan saja kita berjalan di lingkungan yang banjir.

Langkah Penggantian Oli Gardan.

  1. Buka baut penutup oli gardan (bawah), letaknya di belakang baut penutup oli, ukurannya agak kecil sekitar 10mm.

    mio j

    Baut Penguras Oli

  2. Buka juga penutup oli gardan (atas), letaknya di sebelah kiri atas dekat penyaringan udara.
12

Penutup Oli gardan (atas)

  1. Tutup kembali penutup oli yang dibawa.
  2. Masukan oli gardan baru.
13

Penggantian Oli gardan

5. Tutup kembali oli gardan (atas).

Sekian dulu yaa.. semoga bermanfaat

Posted on September 4, 2016, in Berita, ILmu, otomotif and tagged , , , , , . Bookmark the permalink. Leave a comment.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: